Jumat, 10 Agustus 2012

PERANAN PNDIDIKAN SENI RUPA DALAM MMBANGUN KARAKTER BANGSA

PERANAN PENDIDIKAN SENI RUPA
DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Oleh: Imam Nofianto
(Mahasiswa Seni Rupa FBS Unnes)



PENDAHULUAN
Indonesia merupakan salah satu negara yang mengutamakan pendidikan. Dapat dilihat pada APBN jumlah alokasi dana untuk pendidikan sendiri sampai dengan 20% dari anggaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemerintah sangat memperhatikan pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan bisa juga dikatakan vital dalam upaya meningkatkan taraf hidup berbangsa dan bernegara.
Tujuan pendidikan merupakan suatu gambaran dari falsafah hidup atau pandangan hidup manusia, baik secara perorangan maupun secara kelompok (bangsa dan negara). Membicarakan tujuan pendidikan akan menyangkut sistem nilai dan norma-norma dalam suatu konteks kebudayaan, baik dalam mitos, kepercayaan dan religi, filsafat, ideologi, dan sebagainya. Tujuan pendidikan di suatu negara akan berbeda dengan tujuan pendidikan di negara lainnya, sesuai dengan dasar negara, falsafah hidup bangsa, dan ideologi negara tersebut.
Pendidikan mengemban tugas untuk menghasilkan generasi yang baik, manusia-manusia yang lebih berkebudayaan, manusia sebagai individu yang memiliki kepribadian yang lebih baik. Nilai-nilai yang hidup dan berkembang di suatu masyarakat atau negara, menggambarkan pendidikan dalam suatu konteks yang sangat luas, menyangkut kehidupan seluruh umat manusia, yang digambarkan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mencapai suatu kehidupan yang lebih baik.
Pendidikan sebagai sub-sistem masyarakat menpunyai peranan mewariskan, memelihara, dan sekaligus sebagai agen pembaharuan kebudayaan. Pendidikan dapat dikonsepkan sebagai proses budaya manusia. Kegiatannya dapat berwujud sebagai upaya yang dipikirkan, dirasakan, dan dikehendaki manusia. Pada dasarnya pendidikan merupakan unsur dan peristiwa budaya. Pendidikan melibatkan sekaligus sebagai kiat dan disiplin pengetahuan yang mempengaruhi manusia untuk belajar.
Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Berkaitan dengan proses budaya, Munib, dkk (2007) menyampaikan bahwa pada hakikatnya manusia sebagai makhluk budaya dapat menyesuaikan diri dengan kebudayaan setempat. Salah satu cara untuk memelihara kebudayaan adalah melalui pengajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan dapat berfungsi sebagai penyampai, pelestari, dan sekaligus pengembangan kebudayaan. Lebih jauh lagi tentang kebudayaan, bahwasanya kebudayaan dapat melambangkan dan mencerminkan tentang bagaimana karakter dan jati diri suatu bangsa. Pendidikan seni rupa sebagai salah satu bagian integral dari pendidikan, di mana pendidikan itu sendiri merupakan sub-sistem kebudayaan mempunyai sebuah peranan yang cukup penting dalam sebuah upaya untuk membangun dan melestarikan, serta mengembangkan kebudayaan. Lebih khusus lagi, pendidikan seni rupa memiliki peranan yang cukup penting dalam upaya pembangunan karakter bangsa.
Dari uraian di atas dapat di rumuskan pertanyaan (1) Mengapa pendidikan seni rupa dapat berperan dalam membangun karakter bangsa? (2) Bagaimana pendidikan seni rupa berperan dalam membangun karakter bangsa? Penulisan karya tulis ini memiliki tujuan untuk mengetahui peranan pendidikan seni rupa dalam menbangun karakter bangsa dan Mengetahui bagaimana pendidikan seni rupa berperan dalam membangun karakter bangsa.

2 komentar: