Jumat, 10 Agustus 2012

PENUTUP
Simpulan
Pendidikan sebagai sub-sistem masyarakat menpunyai peranan mewariskan, memelihara, dan sekaligus sebagai agen pembaharuan kebudayaan. Pendidikan dapat dikonsepkan sebagai proses budaya manusia. Pendidikan seni rupa dapat berkontribusi terhadap pembentukan sikap hidup, oleh karena sikap dan perilaku merupaka satu kesatuan dari sebuah karakter maka pendidikan seni rupa juga dapat berperan dalam pembangunan karakter bangsa yang dimulai dari peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Melalui pembelajaran seni rupa peserta didik akan mampu mengembangkan sikap apresiatif, sensitivitas, dan kreativitasnya, karena itulah pendidikan seni rupa dapat berperan dalam membangun karakter bangsa.
Peran pendidikan seni rupa dapat dirasakan oleh peserta didik melalui pendekatan yang bersifat multidimensional, multilingual, dan multikultural. Pendidikan seni rupa memiliki peranan yang cukup penting dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pembentukan dan pembangunan karakter peserta didik, dan lebih jauh lagi adalah karakter bangsa, karena peserta didik merupakan generasi penerus estafet kehidupan bangsa.

Rekomendasi
Dalam penyelenggaraan pendidikan hendaknya tidak jauh dari pengajaran seni dan budaya, karena budaya merupakan cerminan dari jati diri dan karakteristik bangsa. Sehingga dari proses penyelenggaraan pendidikan seni dan budaya dapat ditanamkan pada peserta didik nilai-nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.




DAFTAR PUSTAKA
Bastomi. Sejarah Seni Rupa Indonesia-I. Semarang: Jurusan Seni Rupa Unnes.
Ismiyanto, Pc. S. 2010. Strategi dan Model Pembelajaran Seni. Semarang: Jurusan Seni Rupa Unnes.
Koentjaraningrat. 2007. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djambatan.
Lubis, Mochtar. 2008. Manusia Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Munib, Achmad, dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Sedyawati, Edi. 2006. Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soegito, A. T. dkk. 2007. Pendidikan Pancasila. Semarang: UPT MKU UNNES.
Subagyo, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Semarang: UPT MKU UNNES.
Sugandi, Achmad, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Sumardjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: ITB.
http://bk3sjatim.org/?p=1178 (diunduh pada tanggal 14 November 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar