PENUTUP
Simpulan
Pendidikan
sebagai sub-sistem masyarakat menpunyai peranan mewariskan, memelihara, dan
sekaligus sebagai agen pembaharuan kebudayaan. Pendidikan dapat dikonsepkan
sebagai proses budaya manusia. Pendidikan seni rupa dapat berkontribusi
terhadap pembentukan sikap hidup, oleh karena sikap dan perilaku merupaka satu
kesatuan dari sebuah karakter maka pendidikan seni rupa juga dapat berperan
dalam pembangunan karakter bangsa yang dimulai dari peserta didik sebagai
generasi penerus bangsa. Melalui pembelajaran seni rupa peserta didik akan mampu
mengembangkan sikap apresiatif, sensitivitas, dan kreativitasnya, karena itulah
pendidikan seni rupa dapat berperan dalam membangun karakter bangsa.
Peran
pendidikan seni rupa dapat dirasakan oleh peserta didik melalui pendekatan yang
bersifat multidimensional, multilingual, dan multikultural. Pendidikan seni
rupa memiliki peranan yang cukup penting dalam penyelenggaraan pendidikan di
Indonesia, khususnya dalam pembentukan dan pembangunan karakter peserta didik,
dan lebih jauh lagi adalah karakter bangsa, karena peserta didik merupakan
generasi penerus estafet kehidupan bangsa.
Rekomendasi
Dalam
penyelenggaraan pendidikan hendaknya tidak jauh dari pengajaran seni dan
budaya, karena budaya merupakan cerminan dari jati diri dan karakteristik
bangsa. Sehingga dari proses penyelenggaraan pendidikan seni dan budaya dapat
ditanamkan pada peserta didik nilai-nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
DAFTAR
PUSTAKA
Bastomi. Sejarah Seni Rupa Indonesia-I. Semarang:
Jurusan Seni Rupa Unnes.
Ismiyanto, Pc.
S. 2010. Strategi dan Model Pembelajaran
Seni. Semarang: Jurusan Seni Rupa Unnes.
Koentjaraningrat.
2007. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia.
Jakarta: Djambatan.
Lubis, Mochtar.
2008. Manusia Indonesia. Jakarta:
Yayasan Obor Indonesia.
Munib, Achmad,
dkk. 2007. Pengantar Ilmu Pendidikan.
Semarang: UPT MKK UNNES.
Sedyawati, Edi.
2006. Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi,
Seni, dan Sejarah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soegito, A. T.
dkk. 2007. Pendidikan Pancasila.
Semarang: UPT MKU UNNES.
Subagyo, dkk.
2007. Pendidikan Kewarganegaraan.
Semarang: UPT MKU UNNES.
Sugandi, Achmad,
dkk. 2007. Teori Pembelajaran.
Semarang: UPT MKK UNNES.
Sumardjo, Jakob.
2000. Filsafat Seni. Bandung: ITB.
http://bk3sjatim.org/?p=1178
(diunduh pada tanggal 14 November 2010)
http://yandra08.blogspot.com/2009/07/seni-sebagai-pemberi-identitas-dalam.html
(diunduh pada tanggal 14 November 2010)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar